Sabtu, 04 Juli 2009

KARAKTER

anakku berteriak aku suka spiderman dan transformers
aku bilang ada gundala putra petir dan senopati pamungkas di negeri ini

anakku ingin makan kfc
aku bilang, cobalah nasi pecel madiun

anakku mengajak ke disneyland
aku bilang dunia fantasy juga enggak kalah


disadari atau tidak, kemasan produk adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Apalagi yang berhubungan dengan dunia anak-anak bahkan dewasa karena dengan penciptaan image yang kuat akan menarik masyarakat untuk membeli, bahkan lintas benua pun dapat dijual.
kita tahu bahwa image dan karakter-karakter yang kuat akan suatu produk dipungkiri atau tidak memang selalu dimiliki oleh negara Amerika. Berapa banyak karakter superhero mereka yang diimport ke negara kita, berapa banyak produk-produk mereka yang dengan bangga di miliki oleh anak-anak maupun keluarga kita.
Sebut saja dari merk-merk ternama : nike, kfc, mc d, nba, harley davidson, starbucks, dsbnya semuanya ada disini - dinegara ini - INDONESIA. Semuanya berhasil dijual disini karena penciptaan karakter serta image mereka sangat kuat dalam strategy penjualannya.

Tetapi apakah kita tahu bahwa beberapa komponen dari produk-produk tersebut justeru berasal dari negeri ini - INDONESIA? salah satu pemasok nike ada di tangerang, pemasok jaket kulit harley davidson ada di karawang, yang mewarnai komik-komik marvels berada di jakarta/bandung/jogja, kopi untuk starbucks berasal dari sumatera.
Kita selalu merasa 'sudah cukup' jika produk setengah jadi kita atau bahan dasar kita dibeli oleh bangsa lain, sementara jika kita mau mengembangkan produk kita sendiri sampai end produk untuk dikonsumsi masyarakat luas (baca: dunia) Mestinya kita tidak kalah dengan produk-produk tersebut. Tapi pencerminan image / karakter akan produk tersebut sudah harus mulai dipikirkan.

Jangan sampai ada lagi omongan dari bangsa lain yang menyatakan bahwa Indonesia ini saking banyaknya suku bangsa menjadi bangsa yang tidak punya karakter kebangsaan sehingga menjadi sasaran empuk bagi produk-produk asing.

Ayo, kita buktikan bangsa INDONESIA ini bisa memproduksi merk-merk ternama yang menjelajah ke pusat perbelanjaan - mal - plaza diseluruh dunia dengan label MADE IN INDONESIA.

salam.

juanda 20.06.2009

Tidak ada komentar: