Sabtu, 04 Juli 2009

ANGSA HITAM

Dahulu kala siapa yang menyangka ada angsa (berbulu) hitam. Ratusan tahun semua orang dibelahan barat hanya tahu seekor angsa (hampir pasti) berbulu putih. Angsa putih jadi ikon ketenangan, simbol cinta, anggun dan tenang di tengah danau.
Tetapi ketika kemudian benua Australia ditemukan, dan di benua tersebut ditemukan pula angsa berbulu hitam maka rusak lah image tentang seekor angsa yang seharusnya berbulu putih. Memang sangat jarang angsa hitam tetapi ternyata ada, dan ini menjadikan kita seperti dungu dan picik karena hanya mempercayai angsa putih saja.

Siapa yang menyangka ada orang kejam seperti Hitler yang dulunya hanyalah orang biasa saja, siapa yang menyangka seorang salesman alat pembuat milkshake akhirnya menjadi raja burger dunia (Raymond Kroc McDonalds), siapa mengira seorang anak yunani bengal yang bermusuhan sejak kecil dengan ayahnya justru menjadi penyelamat ayahnya dan akhirnya menjadi raja kapal dunia (Aristotrelles Onasis) dan hal hal yang tidak disangka tersebut adalah Angsa Hitam. Dalam setiap kejadian didunia, baik itu cerita kesuksesan seseorang, krisis finansial dunia, peristiwa 911, dan sebagainya akan terdapat 3 (tiga) hal yang saling berkaitan, yaitu : hal yang tidak terduga sebelumnya, hal yang berakibat sangat besar dalam perubahan hidup kita,dan hal setelah kejadian tersebut berlaku dimana kita akan mudah menjelaskannya

Beberapa penemuan didunia juga menjadi Angsa Hitam, ketika para penjelajah spanyol mencari rute menuju India ternyata mereka malah menemukan benua Amerika, ketika para ahli Pfizer mencari obat untuk jantung ternyata mereka malah menemukan Viagra. Mudah bagi kita jika melihat suatu kejadian setelah kejadian tersebut berlaku tetapi tidak mudah (bukan tidak mungkin) untuk memprediksi sebuah kejadian akan terjadi.

Angsa hitam bagaikan kejadian langka yang bersifat positif yang kita harapkan tetapi kita juga harus waspada terhadap kejadian yang bersifat positif seandainya terjadi terhadap diri kita. Jangan terlalu berpatokan pada segala sesuatu yang telah kita rencanakan baik-baik, cobalah untuk serta memantau keadaan disekitar kita yang berhubungan dengan rencana kita tersebut, sehingga kita akan siap apapun hasil akhirnya. Ingat, masa depan sangatlah tidak pasti dan perencanaan setepat apapun dapat pula berbuah kesalahan. Hanya dengan sikap kita yang selalu waspada akan membuat kita siap memanfaatkan Angsa Hitam.

kutisari.26.06.2009
thanks to buku the black swan-Nassim Nicholas Thaleb

Tidak ada komentar: