Kamis, 29 April 2010

KTIKA TIDAK BISA TERPEJAM

Apa yang akan kita lakukan ketika kita tidak bisa memejamkan mata alias tidak bisa tidur di malam hari? Jawabannya bisa bermacam-macam, bisa nonton tv, memutar cakram dvd, mendengarkan musik, membaca buku, browsing internet, baca status temen-temen di fb, dan sebagainya.

Tetapi pernahkan kita mencoba untuk sejenak ‘berhenti sebentar’ tanpa melakukan apa-apa ketika pada malam hari atau dini hari tidak dapat memejamkan mata? Cobalah untuk melakukan hal tersebut karena yang terjadi padaku seringkali adalah kelebatan kejadian-kejadian pada hari ini bahkan beberapa hari lalu, kadangkala malah ‘bisa’ merasakan apa yang akan terjadi pada diri kita atau orang-orang terdekat kita.

Karena kadangkala Gusti Allah akan menunjukkan jalanNYA kepada kita umatnya dengan berbagai cara sepanjang kita mempercayaiNYA. Kepercayaan sendiri ibarat sebuah sugesti pada diri kita, dimana sugesti tersebut dapat menjadi ‘ajian pamungkas’ kita dalam menghadapi hidup ini karena sugesti tersebut adalah sebuah keyakinan. Ketika seseorang disugestikan dapat berjalan melewati bara api tanpa rasa sakit maka orang tersebut tidak akan merasakan apapun ketika berjalan melewati bara api, ketika seseorang di vonis oleh dokter menderita suatu penyakit kronis (jantung atau kanker dan dinyatakan bahwa umurnya tidak panjang lagi) maka dalam sekejap orang tersebut akan mengalami penurunan kesehatan yang drastis dan berakibat kematian.

Kembali ke persoalan tidak bisa tidur, cobalah untuk ‘berhenti sebentar’ dan merenung, niscaya-Insya Allah kita akan dapat mensyukuri hidup yang kita jalani ini dan kita dapat menambah sugesti kita dalam menghadapi persoalan apapun juga. Karena tidak ada persoalan yang tidak ada jalan keluarnya seperti halnya tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya (kecuali penyakit kematian). Apapun kepercayaan yang kita anut dan yakini, cobalah untuk melewati tengah malam dengan mata belum terpejam dan dengarkan-rasakan sekeliling kita-ikuti pikiran kita atau jika kita tipikal orang yang gampang tidur maka cobalah untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri untuk merenung pada suatu saat dan rasakan kedahsyatan Sang Maha Pencipta.

surabaya 10 maret dinihari

Tidak ada komentar: